Saturday, May 31, 2014

Manfaat Membuat Strored Procedure

Strored procedure ialah sebuah procedure kerja dalam sebuah database, seperti Tambah, Hapus dan Rubah struktur Tabel dan atau data dalam suatu tabel.
Strored procedure sering dimanfaatkan dalam pembuatan program aplikasi. Karena lebih efektif dan efisien dalam penulisan code program, karena cuma memanggil mengakses stored procedure dan mengirim nilai ke parameternya. Jadi tidak perlu lagi menulis syntax sql yang panjang – panjang.

Langkah – langkah Membuat Stored Procedure

Langkah – langkah membuat strored procedure di MS – Acces :
Misal kita punya tabel namanya Induk field – fieldnya atau kolom – kolomnya NIS, Nama, Alamat. Kita akan membuat strored procedure menambahkan data ke tabel Induk. Untuk kolom NIS parameternya @NIS, Kolom Nama parameternya @Nama, kolom Alamat parameternya @Alamat. Sebuah nama parameter harus dimulai dengan karakter “@”

1.    Klik ribbon Create lalu klik icon Query Design.



Ketika muncul Dialog Show Table tutup saja dengan klik tombol Close.

2.    Di Query Design kita pinda tampilan dari Design View dan Ke SQL View



3.    Tulis strored procedure untuk tambah data ke tabel Induk syntaxnya INSERT INTO Induk VALUES ([@Nis], [@Nama], [@Alamat]);
4.    Tutup dan simpan dengan nama TambahIndukSiswa. Sampai disini kita sudah berhasil membuat strored procedure dengan parameter.



5.    Ketikan di jalankan / Run / Open, jika muncul dialog klik Yes kemudian akan muncul inputbox untuk mengisi nilai parameter.
 

Isi nilainya kemudian klik OK. Buka tabel Induk dan Tabel sudah terisi data yang baru.

0 comments:

Post a Comment