Latihan manipulasi sebuah objek. Membuat, menghapus dan memindahkan sebuah objek dengan kode program.
Menciptakan sebuah objek
Sebuah objek tentunya harus ada sebelum kita menghapus atau memindahkannya. Jika tidak akan terjadi eror.
Deklarasi sebuah variabel objek
< Private atau Dim > <Nama Variabel> As Object
contoh :
Private benda As Object 'deklarasi variabel scop form
Membuat sebuah object
<Nama Variabel Objek> = New <Tipe Objek>( <Lokasi muncul> ) As “<type dan properti> “
Contoh
benda = New Label(Frame) As "Label" 'menciptakan sebuah label baru di Frame
benda.Text = "Hai" 'menambahkan properti label yg telah dibuat seperti Text
benda.Height = 50 'Tinggi
benda.Width = 50 'Lebar
benda.X = 20 'Posisi X
benda.Y = 20 'Posisi Y
Untuk menghapus objek yang telah dibuat cukup tambahkan .Delete
contoh :
benda.Delete 'menghapus objek yang telah dibuat
Memindahan Objek
Objek yang sudah terhapus tentunya sudah tidak bisa dipindahkan.
Untuk memindahkan sebuah objek cara yang paling mudah adalah cukup mengganti nilai X dan Y.
Bagaimana jika objeck yang berada dalam Frame kita keluarkan atau pindahkan ke Form. Tentunya tidak hanya dengan mengganti nilai X dan Y saja.
Syntaxnya < Nama Objeck >.<Reparent>(<nama lokasi>, <nilai X>,< Nilai Y>)
Contoh ; memindahkan objek yg telah dibuat di dalam Frame ke Form, dengan kata lain mengeluarkannya dari Frame.
benda.Reparent(Me, 20, 20)
Latihan :
Tambahkan kedalam Form 3 buah Button, ubah properti Text masing – masingnya ; Buat, Pindah, Hapus
Tambahkan 1 buah Frame, ubah poperti Name menjadi Frame, dan Text menjadi Frame1
Atur letak dan berikan 1 ruang kosong di From
Double Klik Tombol Buat dan tambahkan code
benda = New Label(Frame) As "Label"
benda.Text = "Hai"
benda.Height = 50
benda.Width = 50
benda.X = 20
benda.Y = 20
Buat 2 buah prosedur Pinda_Ke_Form dan Pinda_Ke_Frame untuk memindahkan objek. Code lengkapnya
Private Sub Pinda_Ke_Form()
benda.Reparent(Me, 20, 20)
End
Private Sub Pinda_Ke_Frame()
benda.Reparent(Frame, 20, 20)
End
Double Klik Tombol Pindah dan tambahkan code
Dim T As String
T = InputBox("Pinda Ke", "Pinda Objek")
If T = "Form" Then
Pinda_Ke_Form
Else If T = "Frame" Then
Pinda_Ke_Frame
Else
Message("Lokasi Tidak Dikenali")
End If
End
Double Klik Tombol Hapus dan tambahkan code
benda.Delete
Source code lengkapnya :
Download File proyek DISINI ( Harap baca file Baca Ini Dahulu.txt ) yang disertakan
Download File PDF
0 comments:
Post a Comment