Thursday, August 23, 2012

Tulisan ini saya buat untuk rekan - rekan yang baru mulai belajar Gambas.
Bagi pengguna baru tentunya kita pasti agak kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru.


Secara garis besar lingkungan kerja seperti gambar dibawah ini :






Sedikit  penjelasan bagian - bagian Antar Muka Gambas 3


1. Toolbar

ToolBar berisi ikon - ikon ketika di klik akan menjalankan atau mengerjakan tugas - tugas tertentu. Ada beberapa yg sering di pakai ketika mengerjakan sebuah proyek aplikasi.




  • Compile ; Kompilasi atau merubah file proyek menjadi sebuah aplikasi

  • Run ; Menjalankan ( Running ) proyek yg belum di kompilasi

  • Pause ; Menghentikan sementara proses running proyek

  • Stop ; Menghentikan proses running proyek



2. Proyek Explorer

Manajemen Modul, Class dan Sumber Daya sebuah proyek aplikasi


Direktori proyek aplikasi, akan sangat membantu jika bekerja lebih satu Form atau Class


3. Properti & Hirarki

Berguna untuk memajemen atribut - atribut Form dan komponen - komonen di dalam nya.



Kita bisa ubah properti atau atribut sebuah objek, seperti ; Nama, Background, Tinggi, Warna, Tampilan ke Layar . . . dan lain - lain, sesuai dengan tipe objek.

 

Hirarki untuk mengatur objek - objek dalam sebuah Form. Akan sangat berguna untuk mengatur urutan tab Tabulasi


4. Tool Box


Berisi komponen dan penganturan sebuah Form Aplikasi seperti : Label, Text Box, Tombol Klik ( Button ), dan lain - lain



ToolBox dikelompokan dalam 5 Kelompok sesuai dengan Fungsinya.


Gambas diadopsi dari beberapa software programing. Source aplikasi ( Code dan Objek ) diadopsi dari Visual Basic dan Java

Interface Aplikasi di adopsi dari Glade. Glade adalah software pembuatan aplikasi visual di Linux.
Categories:

0 comments:

Post a Comment